4 Feb 2015

Fatâwa Al Azhar Tentang Khabar Ahad

Melihat banyaknya yg masih samar dalam memahami kedudukan khabar ahad, seperti dalam komentar pada tulisan ini dan ini, dan susahnya memahami objek pembahasan aqidah seperti dalam tulisan ini, akibatnya ada sebagian kalangan yg menyatakan suatu gerakan yang menyatakan bahwa: “khabar ahad bukan hujjah dalam perkara ‘aqidah” mereka anggap sebagai gerakan menyimpang, sesat dll, 

padahal dari kajian saya, justru ini pendapat mayoritas ‘ulama. Berikut saya tambahkan secara lengkap penjelasan dalam kitab Fatawa Al Azhar, dengan Mufti Lembaga Fatwa Mesir (دار الإفتاء المصرية), tentang khabar ahad, yang juga pendapatnya sama dengan pendapat dan penjelasan gerakan yang menyatakan bahwa: “khabar ahad bukan hujjah dalam perkara ‘aqidah”


العمل بأحاديث الآحاد

السؤال

نقرأ فى بعض الكتب عند الاستدلال على بعض الأحكام بحديث نبوى، أن هذا حديث آحاد يفيد القطع ، فما هى أحاديث الآحاد، وما هى منزلتها فى الاستدلال على أحكام الدين ؟

الجواب

أحاديث الآحاد هى التى لم يبلغ رواتها حد التواتر الذى يفيد القطع واليقين ، والحديث المتواتر هو الذى رواه جمع عن جمع يؤمن تواطؤهم على الكذب ، وأحاديث الآحاد أنواع ، منها المشهور الذى رواه ثلاثة فأكثر، والعزيز الذى رواه اثنان ، والغريب الذى رواه واحد فقط . وهى من أقسام الحديث الصحيح ، وهناك الحديث الحسن والحديث الضعيف والحديث الموضوع ، وهناك تقسيمات لهذه الأحاديث فى علم مصطلح الحديث ، ويهمنا الآن الحديث الصحيح بقسميه الآحاد والمتواتر .

يقول علماء الأصول : إن أحاديث الآحاد يجب العمل بها فى الأحكام الشرعية العملية ، باعتبارها فروعا ، ولا يعمل بها فى العقائد باعتبارها أصولا للدين ، وهذا ما يفيده ما نقل عن جمهور الصحابة والتابعين ، وأقوال علماء الفقه والأصول ، ولم يخالف فى ذلك سوى بعض فقهاء أهل الظاهر وأحمد فى رواية عنه .

فأحاديث الآحاد مهما بلغت قوتها كالمشهور منها لا تفيد العلم اليقينى الذى يعتمد عليه فى العقائد، بل تفيد الظن الذى يكفى فى وجوب العمل بها فى الفروع ، جاء ذلك فى كثير من المراجع ، وصرح به النووى فى شرح صحيح مسلم "ج 1 ص 20 " وجعل منها ما رواه البخارى ومسلم رادًا به على ابن الصلاح الذى قال : إن ما روياه يفيد العلم النظرى

من هذا يعلم أن أحاديث الآحاد الصحيحة لا تفيد إلا الظن ويجب العمل بها فى الفروع لا فى العقائد، وإفادة الظن أو اليقين فى الأحاديث قد تكون من جهة الرواية، فالمتواتر يفيد اليقين والآحاد لا تفيده ، وقد تكون من جهة الدلالة أى دلالة اللفظ على معناه ، وذلك مشترك بين جميع الأحاديث وبين القرآن الكريم ، فاللفظ إذا لم يحتمل إلا معنى واحدا كان قطعى الدلالة ، وإذا احتمل أكثر من معنى كان ظنى الدلالة، كلفظ العين ، يطلق على العين الباصرة وعلى عين الماء ، وعلى الذهب وعلى الجاسوس . ولفظ الفتنة يطلق على الامتحان وعلى الكفر وعلى العذاب ، وعلى الوقيعة بين الناس ، والشواهد على ذلك كثيرة .

وتفريعا على ذلك لو وقع خلاف فى مسألة فرعية دليلها خبر آحاد وأنكر الإنسان حجية هذا الخبر لا يكون بذلك كافرا أو فاسقا وإلا لحكم بذلك على أئمة الفقه المختلفين فى بعض المسائل ، مع الأخذ فى الاعتبار أن هذا الإنكار له مسوغ شرعى ، فإذا تأيد هذا الخبر وما يدل عليه من حكم بالإجماع عليه صار قويا ، ومن جحده كان مخطئا ، وإن كان لا يحكم عليه بالكفر " فتاوى معاصرة للشيخ جاد الحق على جاد الحق ص 49 – 60 "

Intinya (yg saya cetak merah):
“hadits-hadits ahad walau bagaimanapun kekuatannya, seperti hadits masyhur, tidaklah berfaedah ‘ilmu yaqin yang aqidah disandarkan kepadanya, akan tetapi berfaedah dzonn yang cukup untuk mewajibkan ‘amal dalam hal furu’, hal ini disebutkan dalam banyak rujukan..”

jika terjadi ikhtilaf dalam masalah cabang yang dalilnya adalah khabar ahad, dan manusia menolak atas kehujjahan khabar ini, maka tidklah mereka dengan yg demikian itu menjadi kafir atau fasiq… jika khabar ini menjadi kuat dan apa-apa yang menunjukkan kepadanya (kekuatan khabar ini) seperti kesepakatan atas (kebenaran khabar ahad ini) maka khabar ahad ini menjadi kuat, dan barang siapa mengingkarinya adalah mukhti’ (salah), walaupun tidak bisa dihukumi atas orang yang mengingkarinya sebagai kafir”
***
Dari hal diatas dan dalam tulisan Khabar Ahad dalam Pandangan Ulama Ushul, sebetulnya jelas kalau yg dimaksud “hujjah/dalil dalam aqidah” adalah “hujjah/dalil yg cukup dengan dalil itu untuk menyatakan seseorang beriman atau kafir”. 

Jadi kalau ada orang yg menyatakan: “khabar ahad itu yufiidul ‘ilma/berfaedah ‘ilmu(yaqin), tapi seseorang tidak otomatis menjadi kafir karena mengingkari khabar ahad”. Maka bisa disimpulkan bahwa orang tersebut tidak mengerti objek pembahasan masalah ini. 

Banyak juga yang karena salah faham kemudian menyatakan “tidak menjadikan hujjah/dalil berarti tidak percaya”, padahal sebenarnya khabar ahad kalau shahih, maka kita membenarkannya dengan pembenaran yg sesuai dengan derajat kepastian hadits tersebut, “tidak menjadikan hujjah/dalil dalam perkara aqidah” berarti “tidak mengkafirkan seseorang karena berbeda pendapat dalam masalah khabar ahad”, karena yg dimaksud aqidah dalam hal ini adalah aqidah yg membedakan iman dan kafir, bisa dibaca di Perbedaan antara Aqidah dan Hukum Syara’

Yang lebih aneh lagi adalah tulisan yang berjudul : “Bantahan Ilmiyah Atas Kesesatan Akidah HT”  (lihat di : http://www.salafy.or.id/print.php?id_artikel=78), nampak sekali bahwa penuduh tidak memahami tema pembahasan aqidah ini, nampak dari apa yang dia tulis di bagian akhir  artikelnya: “Meskipun para ulama ahli fiqih menyatakan bahwa (hadits ahad) tidak mendatangkan ilmu yang yakin (sebagaimana hadits mutawatir), akan tetapi mereka sepakat tentang wajibnya mengamalkan hadits ahad tersebut. (Maqaayiisu Naqdi Mutuuni As Sunnah, karya DR. Musyfir Gharamullah Ad Dumainiy, halaman 277)” Bukankah kalau yang dimaksud seperti ini berarti tidak ada perbedaan dengan kelompok yang mereka tuduh?  lalu kenapa dipaksakan terus  tuduhan tersebut?

0 comments:

Post a Comment