Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani adalah seorang âlim allâmah (berilmu dan
sangat luas keilmuannya). Beliau adalah pendiri Hizbut Tahrir. Nama
lengkapnya adalah Syaikh Taqiyuddin bin Ibrahim bin Mushthafa bin Ismail
bin Yusuf an-Nabhani. Nasab beliau bernisbat kepada kabilah Bani
Nabhan, salah satu kabilah Arab Baduwi di Palestina yang mendiami
kampung Ijzim, distrik Shafad, ter
masuk wilayah kota Hayfa di Utara
Palestina.
Syaikh lahir di kampung Ijzim. Menurut pendapat yang paling kuat,
beliau lahir pada tahun 1332 H – 1914 M. Beliau dilahirkan di gudang
ilmu dan keagamaan yang terkenal dengan kewaraan dan ketakwaannya. Ayah
beliau adalah Syaikh Ibrahim, seorang syaikh yang faqih dan bekerja
sebagai guru ilmu-ilmu syariah di kementerian Pendidikan Palestina.
Ibunda beliau juga memiliki pengetahuan yang luas tentang
masalah-masalah syariah yang diperoleh dari ayahandanya, yaitu Syaikh
Yusuf.
Syaikh Yusuf, seperti yang dimuat di dalam buku At-Tarâjum adalah:
Yusuf bin Ismail bin Yusuf bin Hasan bin Muhammad an-Nabhani
asy-Syafi‘i, Abu al-Mahasin, seorang sastrawan, penyair dan sufi. Beliau
termasuk qadhi senior. Beliau memangku jabatan sebagai qâdhî di Qishbah
Jenin, termasuk provinsi Nablus. Beliau berpindah ke Konstantinopel.
Lalu beliau diangkat menjadi qâdhî di Kiwi Sanjaq, termasuk provinsi
Moushul. Berikutnya beliau menjabat sebagai kepala Mahkamah al-Jaza’ di
Ladzaqiyah, kemudian di al-Quds. Lalu beliau menjabat kepala Mahkamah
al-Huquq di Beirut. Beliau memiliki banyak karya yang jumlahnya mencapai
48 buah karya (buku).
Lingkungan tumbuh itu memberikan pengaruh besar kepada pembentukan
kepribadian islami Syaikh Taqiyuddin. Beliau telah menghapalkan
al-Qur’an seluruhnya pada usia belia sebelum genap berusia 13 tahun.
Syaikh Taqiyuddin dipengaruhi oleh ketakwaan dan kesadaran kakek beliau
dari pihak ibu dan mengambil banyak manfaat dari keilmuan sang kakek
yang luas. Syaikh Taqiyuddin juga mendapatkan kesadaran politik pada
usia yang sangat muda, khususnya dalam masalah-masalah politik penting.
Sebab, kakek beliau memiliki penguasaan atas masalah-masalah politik
karena hubungan dekatnya dengan para pejabat pemerintahan di Daulah
Ustmaniyah. Syaikh Taqiyuddin juga mendapat faedah dari menghadiri
majelis-majelis dan diskusi-diskusi fiqhiyyah yang diselenggarakan oleh
kakek beliau, Syaikh Yusuf. Kecerdasan dan kejeniusan Taqiyuddin selama
keikutsertaan beliau di majelis-majelis ilmu itu telah menarik perhatian
sang kakek. Kakek beliau sangat manaruh perhatian terhadap hal itu.
Sang kakek akhirnya meyakinkan ayahanda beliau akan pentingnya mengirim
beliau untuk belajar di al-Azhar guna melanjutkan pendidikan syar‘i.
Keilmuan dan Pendidikan Beliau
Syaikh Taqiyuddin bergabung dengan Tsanawiyah al-Azhariyah pada tahun
1928. Beliau lulus pada tahun itu juga dengan peringkat excelent dan
mendapat ijazah al-Ghuraba. Sesudah itu beliau melanjutkan ke Kuliyah
Dar al-Ulum yang merupakan cabang al-Azhar. Pada saat yang sama beliau
juga mengikuti halqah-halqah ilmiah di al-Azhar asy-Syarif, yaitu
mengikuti halqah para syaikh yang ditunjukkan oleh kakek beliau, seperti
Syaikh Muhammad al-Hadhari Husain rahimahullâh. Hal itu bisa beliau
lakukan karena sistem pendidikan al-Azhar dulu membolehkan yang
demikian. Meski Syaikh Taqiyuddin secara bersamaan menempuh pendidikan
di al-Azhar dan di Darul Ulum, beliau tampak menonjol dan istimewa dalam
keseriusan dan kesungguhan beliau. Hal itu menarik perhatian para
sejawat dan pengajar beliau ketika mereka mengetahui kedalaman
pemikiran, keunggulan pendapat dan kekuatan argumentasi beliau dalam
berbagai diskusi dan dalam forum pemikiran yang memenuhi ma‘had-ma‘had
keilmuan pada waktu itu di Kairo dan di negeri-negeri kaum Muslim
lainnya.
Ijazah yang beliau peroleh adalah ijazah Tsanawiyah al-Azhariyah,
ijazah al-Ghuraba’ dari al-Azhar, Diploma dalam bidang Bahasa dan Sastra
Arab dari Universitas Darul Ulum di Kairo. Beliau juga mendapatkan
ijazah dari Sekolah Tinggi Peradilan Syariah yang menjadi cabang dari
al-Azhar, yaitu ijazah dalam masalah Peradilan. Kemudian beliau keluar
dari al-Azhar pada tahun 1932 dan meraih ijazah al-Alamiyah—sekarang
setingkat doktor—dalam masalah syariah.
Bidang-Bidang Aktivitas Beliau
Syaikh Taqiyuddin bekerja dalam bidang pengajaran syariah di
kementerian pendidikan hingga tahun 1938. Pada tahun itu beliau beralih
untuk beraktivitas di bidang peradilan syariah. Secara gradual beliau
meniti karir di bidang peradilan syariah itu. Beliau memulainya dengan
menjabat kepala sekretaris Mahkamah Haifa Pusat. Kemudian beliau naik
jabatan menjabat asisten qadhi, kemudian menjabat qadhi Mahkamah Ramalah
hingga tahun 1948. Pada tahun itu beliau keluar ke Syam akibat jatuhnya
Palestina ke tangan Yahudi. Pada tahun itu juga beliau kembali untuk
menjabat qadhi Mahkamah Syariah al-Quds. Setelah itu, beliau diangkat
menjadi qadhi di Mahkamah Banding Syariah (Mahkamah al-Isti’nâf
asy-Syar’iyah) hingga tahun 1950. Kemudian beliau mengundurkan diri dan
beralih untuk memberikan ceramah kepada para mahasiswa tingkat dua di
Fakultas Ilmu Islam (Al-Kuliyah al-’Ilmiyah al-Islâmiyah) di Amman
hingga tahun 1952. Beliau—rahimahullâh—bagaikan samudera ilmu. Beliau
adalah seorang yang sangat luas pengetahuan-nya dalam berbagai bidang
keilmuan. Beliau adalah mujtahid mutlaq sekaligus seorang pembicara yang
memiliki argumentasi yang kuat.
Karya-Karya Beliau
1. Nizhâm al-Islâm (Peraturan Hidup Islam).
2. At-Takattul al-Hizbiy (Pembentukan Partai Politik).
3. Mafâhîm Hizb at-Tahrîr (Konsepsi-Konsepsi Hizbut Tahrir).
4. Nizhâm al-Iqtishâd fî al-Islâm (Sistem Ekonomi Islam).
5. Nizhâm al-Ijtimâ‘i fî al-Islâm (Sistem Pergaulan Islam).
6. Nizhâm al-Hukmi fî al-Islâm (Sistem Pemerintahan Islam).
7. Ad-Dustûr (Konstitusi).
8. Muqaddimah ad-Dustûr (Pengantar Konstitusi).
9. Ad-Dawlah al-Islâmiyah (Negara Islam).
10. Asy-Syakhshiyah al-Islâmiyah (Kepribadian/Jati Diri Islam) tiga juz.
11. Mafâhîm Siyâsiyah li Hizb at-Tahrîr (Konsepsi-Konsepsi Politik Hizbut Tahrir).
12. Nazharât Siyâsiyah (Pandangan-Pandangan Politik).
13. Nidâ’ Hâr (Seruan Hangat).
14. Al-Khilâfah (Khilafah).
15. At-Tafkîr (Hakikat Berpikir).
16. Sur‘ah al-Badîhah (Kecepatan Berpikir).
17. Nuqthah al-Inthilâq (Titik Tolak).
18. Dukhûl al-Mujtama’ (Terjun ke Masyarakat).
19. Tasalluh Mishra (Peningkatan Kekuatan Senjata Mesir).
20. Al-Ittifâqiyât ats-Tsinâ’iyah al-Mishriyah as-Sûriyah wa
al-Yamaniyah (Kesepakatan-kesepakatan Bilateral Mesir-Suriah dan
Mesir-Yaman).
21. Hall Qadhiyah Filisthîn ’alâ ath-Tharîqah al-Amirikiyah wa
al-Inkilîziyah (Solusi Masalah Palestina ‘ala Amerika dan Inggris).
22. Nazhariyah al-Firâgh as-Siyâsî Hawla Masyrû‘ Ayzinhâwir (Pandangan Kevakuman Politis Seputar Proyek Izenhouwer).
Di samping itu, beliau menulis ribuan leaflet pemikiran, politik dan
ekonomi. Beliau juga mengeluarkan sejumlah buku menggunakan nama anggota
Hizbut Tahrir untuk memudahkan distribusinya. Hal itu setelah adanya
undang-undang yang melarang pendistribusian buku-buku beliau. Di antara
buku itu adalah:
1. As-Siyâsah al-Iqtishâdiyah al-Mutslâ (Politik Ekonomi Yang Agung).
2. Naqdh al-Isytirâkiyah al-Maraksiyah (Kritik atas Sosialisme-Marxis).
3. Kayfa Hudimat al-Khilâfah (Bagaimana Khilafah Dihancurkan).
4. Ahkâm al-Bayyinât (Hukum-hukum Pembuktian).
5. Nizhâm al-‘Uqûbât (Sistem Sanksi dan Pidana).
6. Ahkâm ash-Shalâh (Hukum-hukum Shalat).
7. Al-Fikr al-Islâmiy (Pemikiran-Pemikiran Islam).
Sebelum mendirikan Hizbut Tahrir, beliau telah mengeluarkan buku
Inqâdz Filizthîn (Membebaskan Palestina) dan Risâlah al-‘Arab (Misi
Arab).
Sifat-Sifat dan Akhlak Beliau
Ustadz Zuhair Kahalah, yang bekerja sebagai direktur administratif
Fakultas Ilmu-ilmu Islam (Al-Kuliyah al-‘Ilmiyah al-Islâmiyah) yang
senantiasa menyertai Syaikh Taqiyuddin sejak beliau menginjakkan kaki di
Fakultas, pernah berkata, “Syaikh Taqiyuddin adalah seorang yang adil
dan lurus, mulia dan bersih. Beliau adalah seorang yang mukhlis,
memiliki energi yang eksplosif. Beliau sangat marah dan sekaligus sedih
terhadap apa yang menimpa umat akibat ditanamkannya institusi Yahudi di
jantung umat.”
Beliau memiliki perawakan sedang, berbadan tegap, penuh semangat,
tidak temperamental, ahli dalam berdebat, memiliki argumentasi yang
kuat, dan berpegang teguh dengan apa yang beliau yakini adalah haq.
Beliau mempunyai jenggot yang sedang dan sebagiannya sudah memutih.
Beliau memiliki kepribadian yang kuat, sangat berpengaruh (berwibawa)
saat berbicara, dan meyakinkan saat memaparkan argumentasi. Beliau tidak
menyukai disia-siakannya tenaga, kembali atas dasar materi, dan isolasi
dari kemaslahatan umat. Beliau juga tidak suka seseorang lebih
tersibukkan oleh perkara-perkara kehidupan pribadinya. Beliau berjuang
demi kebaikan umat sebagai implementasi terhadap sabda Rasul Saw:
«مَنْ لَمْ يَهْتَمْ بِأَمْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فَلَيْسَ مِنْهُمْ»
Siapa saja yang tidak memperhatikan urusan kaum Muslim maka ia bukan bagian dari kaum Muslim.
Beliau termasuk orang yang banyak mengulang-ulang dan menukil sabda
Rasul saw itu. Beliau juga berbela sungkawa terhadap (menyayangkan
sikap) Imam al-Ghazali penulis buku Al-Ihyâ’ ‘Ulûm ad-Dîn, yang
membiarkan saja kaum salibis menyerang negeri-negeri Islam, sementara ia
mencukupkan diri berdiam di masjid mengarang buku-bukunya.
Pendirian Hizbut Tahrir dan Perjalanan Beliau di Dalamnya
Syaikh Taqiyuddin mulai mengkaji secara mendalam dan menaruh
perhatian besar pada partai-partai, gerakan-gerakan dan
organisasi-organisasi yang tumbuh sejak abad keempat hijriah. Beliau
mengkaji secara mendalam cara-cara, pemikiran-pemikiran dan sebab-sebab
penyebarannya ataupun kegagalannya. Beliau mengkaji partai-partai itu
karena kesadaran beliau akan wajib adanya kelompok islami yang
beraktivitas mewujudkan kembali Khilafah. Setelah penghancuran Khilafah
melalui tangan seorang penjahat Mustafa Kamal (Attaturk) kaum Muslim
belum mampu mewujudkan kembali Khilafah meski ada banyak organisasi
islami yang berjuang pada waktu itu.
Ketika muncul negara Israel pada Mei 1948 di tanah Palestina, dan
tampak kelemahan Arab di hadapan kelompok-kelompok kecil orang Yahudi
anak asuh mandatori Inggris di Yordania, Mesir dan Irak; semua itu
mempengaruhi/merangsang penginderaan Syaikh Taqiyuddin. Lalu Syaikh
mulai mengkaji sebab-sebab hakiki yang dapat membangkitkan kaum Muslim.
Beliau menuliskan hal itu di dua risalah yaitu Risâlah al-’Arab (Misi
Arab) dan Inqâdz Filishthîn (Membebaskan Palestina); keduanya beliau
keluarkan pada tahun 1950 M.
Pada saat beliau beralih beraktivitas di bidang peradilan, beliau mulai
menjalin kontak dengan para ulama yang beliau kenal dan beliau jumpai
saat bersama-sama di Mesir. Beliau mengajukan kepada mereka ide
pendirian partai politik yang berlandaskan Islam untuk membangkitkan
kaum Muslim dan mengembalikan kemuliaan dan keagungan mereka. Dalam
upaya mengajukan ide tersebut, beliau berpindah-pindah di antara
kota-kota di Palestina. Beliau mengajukan satu perkara yang telah
mencapai kematangan dalam pemikiran beliau kepada pribadi-pribadi yang
menonjol di antara para ulama dan pioner pemikiran. Untuk itu, beliau
menyelenggarakan berbagai forum. Beliau mengumpulkan para ulama dari
berbagai kota di seluruh penjuru Palestina. Pada forum-forum itu beliau
berdiskusi dengan para ulama tentang metode kebangkitan yang sahih.
Beliau banyak berdiskusi dengan para aktivis berbagai kelompok dan
partai-partai politik, partai-partai nasionalis dan patriotis. Beliau
menjelaskan kepada mereka kesalahan jalan mereka dan kemandulan
aktivitas mereka. Beliau juga memaparkan banyak masalah politik dalam
ceramah-ceramah beliau dalam berbagai acara keagamaan di Masjid
al-Aqsha, Masjid Ibrahim al-Khalil dan masjid-masjid lainnya. Dalam
ceramah-ceramah itu, beliau menyerang sistem-sistem di Arab dengan
mengatakan bahwa sistem-sistem itu adalah buatan para penjajah Barat dan
sarana mereka untuk melanggengkan cengkeraman mereka terhadap
negeri-negeri kaum Muslim. Di samping itu, beliau juga membongkar
rencana-rencana politik negara-negara Barat. Beliau mengekspos niat
busuk Barat untuk menentang Islam dan kaum Muslim. Beliau memahamkan
kaum Muslim akan kewajiban mereka dan menyeru mereka untuk berpartai
berlandaskan Islam.
Syaikh Taqiyuddin pernah maju dan mencalonkan diri untuk menjadi
anggota parlemen. Karena sikap beliau yang lurus, kegiatan politis dan
aktivitas beliau yang penuh kesungguhan untuk mendirikan partai politik
yang berideologi Islam, karena sikap beliau yang berpegang secara kuat
pada Islam, serta karena intervensi negara terhadap hasil Pemilu, maka
hasil Pemilu tidak berpihak pada kemenangan beliau.
Kegiatan politik Syaikh Taqiyuddin tidak berhenti. Tekad beliau juga
tidak padam. Beliau terus menjalin kontak dan berdiskusi sampai beliau
mampu meyakinkan sejumlah orang —para ulama, qadhi terkemuka, serta
mereka yang memiliki politik dan pemikiran yang menonjol— tentang
pendirian partai politik berasaskan Islam. Lalu beliau mulai mengajukan
kepada mereka kerangka kepartaian dan pemikiran-pemikiran yang mungkin
dijadikan bekal tsaqâfiyah bagi partai itu. Pemikiran-pemikiran beliau
itu mendapatkan ridha dan penerimaan dari para ulama tersebut. Puncak
aktivitas politik beliau adalah dengan mendirikan Hizbut Tahrir.
Syaikh mulai beraktivitas untuk membentuk partai di kota al-Quds.
Pada saat itu beliau bekerja di Mahkamah al-Istinaf asy-Syar‘iyah
(Mahkamah Banding Syariah) di kota tersebut. Beliau menjalin kontak
dengan beberapa tokoh di sana, di antaranya Syaikh Ahmad ad-Daur dari
Qalqiliyah, Nimr al-Mishri dari al-Lad, Dawud Hamdan dari Ramalah,
Syaikh Abdul Qadim Zallum dari kota al-Khalil, Dr. ‘Adil an-Nablusi,
Ghanim Abduh, Munir Syaqir, Syaikh As’ad Bayoudh at-Tamimi, dan
lain-lain.
Pada awalnya, pertemuan di antara para pendiri Hizbut Tahrir itu
berlangsung secara acak dan tidak teratur. Mayoritasnya dilakukan di
al-Quds atau di al-Khalil. Pertemuan itu dilakukan untuk saling bertukar
pendapat dan untuk menarik orang-orang baru. Diskusi yang berlangsung
terfokus pada masalah-masalah keislaman yang mempengaruhi kebangkitan
umat. Kondisi ini terus berlangsung seperti itu hingga akhir tahun 1952
M.
Pada tanggal 17 November 1952 M, lima orang anggota pendiri Hizb
menyampaikan permintaan resmi kepada Kementerian Dalam Negeri Yordania
dengan maksud untuk mendapatkan izin pendirian partai politik. Kelima
orang itu adalah:
1. Taqiyuddin an-Nabhani, Pemimpin Partai.
2. Dawud Hamdan, Wakil Ketua merangkap Sekretaris Partai.
3. Ghanim Abduh, Bendahara Partai.
4. Dr. Adil an-Nablusi, anggota.
5. Munir Syaqir, anggota.
Kemudian Hizb melengkapi syarat-syarat perundang-undangan yang
dituntut oleh Undang-Undang Jam’iyah Utsmani. Hizb berpusat di al-Quds.
Hizb mulai menyampaikan informasi dan pemberitahuan sesuai dengan
undang-undang. Hizb menyampaikan penjelasan pendirian partainya kepada
pemerintah dan melampirkan Anggaran Dasar Partai. Hizb juga menyiarkan
status pendiriannya di Koran Ash-Sharîh no. 176, tanggal 14 Maret 1952
M. Dengan semua itu, Hizbut Tahrir telah menjadi partai resmi menurut
undang-undang terhitung sejak hari Sabtu 28 Jumada ats-Tsaniyah 1372 H,
bertepatan tanggal 14 Maret 1953 M. Sejak saat itu Hizb memiliki
wewenang untuk langsung melaksanakan kegiatan kepartaiannya dan berhak
melaksanakan semua aktivitas kepartaian yang dinyatakan di dalam angaran
dasarnya. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Jam‘iyah Utsmani yang
masih berlaku saat itu.
Namun, pemerintah memanggil lima orang pendiri Hizb dan menangkap
empat orang dari mereka. Kemudian pemerintah mengeluarkan penjelasan
bertanggal 7 Rajab 1372 H – 22 Maret 1953 M yang menganggap Hizbut
Tahrir adalah tidak legal dan melarang para aktivis Hizb untuk melakukan
kegiatan kepartaian apapun. Pada tanggal 1 April 1953 M, penguasa
memerintahkan pencopotan papan nama Hizbut Tahrir yang digantungkan di
kantor Hizb di al-Quds, kemudian pemerintah benar-benar menanggalkannya.
Hanya saja, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani tidak memperhitungkan
larangan itu sama sekali. Beliau terus melangkahkan kaki dalam mengemban
misi yang untuk itu Hizbut Tahrir didirikan. Ketika Dawud Hamdan dan
Nimr al-Mishri keluar dari kepemimpinan (Qiyadah) Hizb pada tahun 1956
M, posisinya digantikan oleh Syaikh Abdul Qadim Zalum dan Syaikh Ahmad
ad-Daur. Akhirnya, kepemimpinan Hizb terdiri dari para ulama besar itu
di bawah kepemimpinan Al-’Allamah Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani. Qiyadah
Hizb itu telah melaksanakan tugas-tugas dakwah dengan sebaik-baiknya.
Semua itu berkat karunia dan keridhaan dari Allah SWT.
Dari wilayah al-Aqsha, Hizbut Tahrir mulai melakukan pembinaan umum
(tatsqîf jamâ‘i) untuk melanjutkan kembali kehidupan Islam. Hizb
memperlihatkan kegiatan yang luas sehingga memaksa penguasa mengambil
langkah-langkah yang kuat untuk melarang (menghalangi) Hizb membentuk
dirinya dan memperkuat organisasinya. Syaikh an-Nabhani terpaksa harus
meninggalkan al-Quds pada akhir tahun 1953 secara suka rela. Namun,
Beliau dilarang kembali lagi (ke al-Quds).
Pada bulan November 1953 M, Syaikh an-Nabhani terpaksa melakukan
perjalanan ke Damaskus. Beliau tinggal di sana hanya sebentar.
Pemerintah Suriah menangkap beliau dan mendeportasi beliau di perbatasan
Suriah-Lebanon. Namun, pemerintah Lebanon juga melarang beliau untuk
memasuki tanah Lebanon. Beliau lalu meminta kepada pejabat kantor
kepolisian Lebanon di Wadi al-Harir agar mengizinkan beliau melakukan
kontak dengan seseorang di Lebanon yang beliau kenal. Lalu pejabat
keamanan Lebanon itu mengizinkan Syaikh an-Nabhani melakukan kontak
dengan sejawat beliau. Syaikh an-Nabhani meminta sejawat beliau itu agar
menghubungi Mufti Syaikh Hasan al-’Alaya, mufti Lebanon. Ketika berita
itu sampai kepada Syaikh al-’Alaya, maka beliau segera pergi kepada
pejabat Lebanon dan memerintahkannya untuk langsung memasukkan Syaikh
an-Nabhani ke tanah Lebanon. Jika tidak, Syaikh al-’Alaya akan
menyebarkan berita itu di seluruh penjuru negeri yang mengklaim
demokratis tetapi melarang seorang ulama agama Islam untuk menginjakkan
kedua kakinya di tanah Lebanon. Tidak ada pilihan bagi penguasa Lebanon
kecuali tunduk dan menerima perintah mufti Lebanon tersebut.
Sejak Syaikh Taqiyuddin berada di Lebanon, beliau mulai menyebarkan
pemikiran-pemikiran beliau di sana. Beliau terus melakukan hal itu tanpa
gangguan hingga kira-kira tahun 1958 ketika penguasa Lebanon mulai
menekan beliau setelah mereka menyadari bahaya pemikiran-pemikiran
beliau terhadap mereka. Akibatnya, Syaikh terpaksa berpindah dari Beirut
ke Tripoli/Tarablus (Lebanon) secara sembunyi-sembunyi. Salah seorang
yang dekat dengan beliau dan dapat dipercaya mengatakan, “Syaikh
menghabiskan sebagian besar waktu beliau untuk membaca dan menulis.
Radio sering berada di hadapan beliau dan beliau mendengarkan
berita-berita dunia agar beliau bisa menuliskan leaflet-leaflet politik
yang kuat. Syaikh adalah seorang yang takwa dalam seluruh maknanya,
lembut dalam pandangan dan lisannya. Saya belum pernah mendengar satu
hari pun beliau mencaci, mencela atau melecehkan seorang pun dari kaum
Muslim; khususnya pengemban dakwah Islam meski mereka berbeda ijtihad
(pendapat) dengan beliau.”
Aktivitas thalab an-nushrah (penggalangan dukungan) Syaikh yang
pertama adalah di Irak dan beliau sangat menaruh perhatian terhadapnya.
Syaikh melakukan perjalanan ke Irak beberapa kali untuk tujuan tersebut.
Bersama Syaikh Abdul Qadim Zallum (Abu Yusuf) yang saat itu ditugaskan
di sana, Syaikh Taqiyuddin melakukan beberapa kontak penting, di
antaranya kontak dengan almarhum Abdus Salam Arif dan yang lain.
Perjalanan beliau yang lain adalah perjalanan beliau sebelum beliau
wafat. Saat itu beliau ditangkap di Irak. Beliau banyak disiksa di sana,
namun berbagai siksaan yang ditimpakan interogator itu tidak
mendapatkan hasil. Semua yang Syaikh katakan adalah perkataan
mengenalkan dirinya sendiri: “seorang syaikh yang sedang mencari
solusi”. Lalu mereka merasa iba kepada Syaikh. Kemudian mereka
mendeportasi beliau melalui perbatasan Suriah dalam keadaan tangan
beliau lumpuh. Beliau sangat lemah akibat keras dan jahatnya siksaan
yang dilakukan para thâghût itu kepada beliau. Pendeportasian beliau
melalui perbatasan Suriah itu terjadi sebelum intelijen Yordania
mendatangi pihak keamanan Irak dan mengatakan kepada mereka, “Orang yang
kalian tangkap adalah Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani yang sedang kalian
cari-cari.” Akan tetapi, kesempatan itu telah hilang. Segenap pujian
hanya milik Allah.
Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani telah mendirikan Hizbut Tahrir di atas
kaki-kaki yang kokoh. Jarak ke arah tercapainya tujuan tinggal sejauh
dua anak panah atau lebih dekat. Akan tetapi, bagi setiap sesuatu telah
ditentukan batas waktunya (ajalnya).
Pada awal Muharram 1398 H, pada saat fajar hari Ahad bertepatan
dengan tanggal 11 Desember 1977 M, umat Islam seluruhnya telah
kehilangan seorang ulama di antara ulama mereka yang paling menonjol. Ia
bagaikan samudera ilmu; orang yang paling terkenal di antara para
fukaha pada masanya, seorang mujadid (pembaharu) pemikiran Islam abad
XX, seorang fakih, mujtahid. Ia adalah al-Alim al-Allamah Syaikh
Taqiyuddin an-Nabhani, amir Hizbut Tahrir, sekaligus pendirinya. Jenazah
beliau dimakamkan di pemakaman al-Awza’i di Beirut. Allah mewafatkan
beliau, sementara beliau belum mencicipi buah aktivitas beliau —yang
untuk itulah beliau mencurahkan seluruh umurnya— yaitu berdirinya Daulah
Khilafah Rasyidah yang berjalan berdasarkan metode kenabian. Beliau
meninggalkan amanah bagi pengganti sekaligus rekan seperjuangan beliau,
yaitu Al-’Alim al-Kabîr Syaikh Abdul Qadim Yusuf Zallum. Beliau pun
tidak menyaksikan tujuan yang telah beliau perjuangkan dengan segenap
daya untuk merealisasikannya. Namun, seluruh kesungguhan upaya beliau
telah membuahkan hasil: jutaan orang telah bergabung di dalam Hizbut
Tahrir dan mengemban pemikiran-pemikirannya, di samping adanya jutaan
lainnya yang mendukung Hizb. Para aktivis Hizb telah tersebar di seluruh
penjuru dunia dan di banyak penjara para penguasa kufur, para thâghût,
dan para penguasa zalim.[]
4 Jan 2015
SYAIKH TAQIUDDIN AN-NABHANI
Posted on 21:22 by Unknown
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment